Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari

Tulisan kedua dari bagian “Iktisar tentang Search Engine Optimization” tentang SEO ini adalah tentang cara memahami hasil pencarian dari mesin pencari.

Ini mungkin hal yang kebanyakan orang menyepelekannya karena dianggap tidak penting, padahal salah satu tujuan dari SEO adalah supaya mesin pencari bisa memberikan konten website kita di hasil pencariannya atas apa yang sedang di cari oleh pengguna mesin pencari.

Walapun ada banyak mesin pencari yang ada di Internet, dan mereka memiliki banyak perbedaan yang menonjol halaman hasil pencarian atau SERP (Search Engine Result Pages) namun paling tidak, satu hal yang mereka miliki dalam kesamaan, yaitu hasil pencarian berbayar dan hasil pencarian yang organik atau hasil kerja keras untuk SEO.

Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari memahami hasil pencarian dari mesin pencari Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari

Hasil pencarian berbayar itu sebenarnya adalah iklan yang di sediakan oleh mesin pencari seperti Adwords dari Google, adCenter dari Microsoft dan lain sebagainya – di pembahasan ini kita tidak akan fokus pada iklan berbayar, jadi kita lewatkan saja.

Mesin pencari biasanya menunjukan 10 hasil pencarian organik di satu halaman hasil pencarian yang merujuk (link) ke halaman website yang berbeda.

Contoh hasil pencarian dari mesin pencari

Setiap tampilan hasil pencarian pun mungkin berbeda untuk masing-masing mesin pencari, namun setidaknya, satu hasil pencarian akan memiliki Judul, Deskripsi dan URL seperti gambar di bawah.

Contoh Hasil Pencarian dari Mesin Pencari memahami hasil pencarian dari mesin pencari Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari Contoh Hasil Pencarian dari Mesin Pencari

Penting untuk mengetahui komponen seperti yang terlihat pada gambar diatas karena salah satu pelajaran SEO atau Tehnik SEO yang akan kita bahas adalah membuat komponen itu di website kita untuk mesin pencari.

Hal penting lainnya yang harus di sadari bahwa mesin pencari semakin canggih dan akhir-akhir ini tidak hanya menyediakan hasil pencarian berupa text saja, melainkan video dari youtube, gambar, produk dari website toko online, dan bahkan maps seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Contoh hasil pencarian mesin pencarian berupa text dan map memahami hasil pencarian dari mesin pencari Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari Contoh hasil pencarian mesin pencarian berupa text dan map

Dari keterangan di atas sangat jelas bahwa Memahami Hasil Pencarian dari Mesin Pencari sangat berpengaruh besar bagi kita yang ingin memulai untuk bekerja keras dalam SEO untuk website kita.

Semoga bermanfaat.

Silakan tinggalkan komentar dan berlangganlah di newsletter kami untuk mendapatkan pembahasan terbaru langsung dari Inbox.

 

Belangganlah NewsLetter Kami mumpung Gratis

Silakan masukan alamat email dan nama jelas untuk mendapatkan tulisan terbaru dari Website Pakar Online langsung ke Inbox email Anda.

Anda bisa berhenti belanggan kapanpun.

Jadilah Pakar Online yang pertama memberikan komentar

Aturan komentar: Komentar yang anda berikan akan dibaca oleh banyak orang termasuk para pakar online dan calon pakar online yang berkunjung ke web Komunitas pakar online Indonesia ini. Maka gunakanlah nama asli dan alamat email anda, dan tinggalkanlah komentar anda yang sekiranya bermanfaat untuk yang lainnya, terima kasih.

Tuliskan komentar anda

Pasang iklan di Pakar Online Indonesia

*